NHW #5

Bismillaahirrahmaanirraahiim.

NICE HOMEWORK #5
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #4

📝 BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR📝 (Learning How to Learn)

Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktik membuat Design Pembelajaran ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu Bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil sempurna yang kami harapkan, melainkan “proses” Anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yang perlu Anda sharekan ke teman-teman yang lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar Anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Dalam membuat design pembelajaran untuk diri saya, saya memulai dengan membaca referensi mengenai design pembelajaran itu sendiri. Selama ini saya merasa cukup mengerti tentang cara yang cocok bagi saya dalam belajar, akan tetapi proses belajar yang terstruktur tentunya lebih baik.

Dari sebuah referensi mengenai design pembelajaran yang saya baca sebagai salah satu panduan sebuah mata kuliah di universitas pendidikan, dinyatakan bahwa komponen utama dari design pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Tujuan Pembelajaran
Berdasarkan NHW #1 – NHW #4 yang telah saya kerjakan sebelumnya, jurusan ilmu yang saya ambil adalah Ibu Gembira, sehingga secara ringkas, yang menjadi tujuan pembelajaran adalah bagaimana saya sebagai seorang individu, istri, dan ibu, dapat mendisiplinkan diri dalam menjalankan setiap kewajiban dengan perasaan ringan dan gembira.

2. Pembelajar
Pihak yang menjadi fokus di sini adalah diri saya. Karakteristik diri dapat saya kenali melalui pengetahuan mengenai potensi dan kelemahan diri.

3. Analisis Pembelajaran
Materi yang akan dipelajari berkaitan dengan jurusan ilmu yang akan diambil dapat diperoleh dari berbagai sumber tertulis, online, maupun pembelajaran langsung dengan orang-orang berpengalaman.

4. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran dilakukan berdasarkan penetapan KM 0 – KM 4 yang telah dijabarkan pada NHW #4.

5. Penilaian Belajar
Evaluasi dilakukan secara mandiri dengan memeriksa kembali checklist harian yang telah ditetapkan. Masukan sewaktu-waktu dari suami maupun orang-orang terdekat juga dapat dianggap sebagai penilaian hasil belajar selama ini.

Dari beragam model design pembelajaran, saya memilih satu design pembelajaran yang bersifat umum yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan sebagai berikut :

c3a33-desain

Model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu :
1. Analysis (analisis)
2. Design (desain/ perancangan)
3. Development (pengembangan)
4. Implementation (implementasi/eksekusi)
5. Evaluation (evaluasi/ umpan balik)

Langkah 1 : Analisis
Tahap analisis telah dilakukan pada NHW #1 yaitu mendefinisikan apa yang akan saya pelajari. Jurusan ilmu yang saya pilih yaitu “Ibu Gembira”, telah dituliskan dengan penjabaran alasan mengapa saya memilih jurusan tersebut, strategi menuntut ilmu, dan juga identifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam mendalami jurusan ilmu yang saya ambil.

Langkah 2 : Design
Rancangan tahap pembelajaran kemudian dituangkan dalam sebuah blueprint berupa NHW #2. Meskipun indikator yang telah saya tuliskan mungkin tak menggambarkan keseluruhan misi hidup yang ingin saya capai, namun indikator ini akan menunjang tujuan pembelajaran menjadi seorang Ibu Gembira yang saya susun berdasarkan konsep SMAR (specific, measurable, applicable, dan realistic) dengan tidak melupakan bahwa indikator ini bersifat dinamis.

Langkah 3 : Pengembangan
Pada tahap ini, checklist harian dari tahap design sebelumnya dijalankan sebagai bagian dari uji coba. Evaluasi formatif silakukan berdasarkan NHW #3 dan NHW #4. Dimana pada NHW #3 saya diajarkan untuk berusaha melakukan analisis ulang terhadap potensi diri dan lingkungan, sementara pada NHW #4 evaluasi kembali dilakukan, mengacu pada tahap design sebelumnya bahwa indikator pembelajaran yang dibuat bersifat dinamis sehingga evaluasi normatif dapat dilakukan.

Langkah 4 : Implementasi
Setelah ketiga tahap sebelumnya dilakukan, tahap inilah yang menjadi hal paling penting dari design pembelajaran yang saya rancang untuk diri saya sendiri. Semua indikator dan target yang telah disusun hanya akan menjadi sebuah angan-angan jika saya tidak bersegera dalam melakukannya.

Langkah 5 : Evaluasi
Langkah ini mirip dengan langkah ketiga, namun pada langkah kelima ini dilakukan evaluasi formatif sebagai kebutuhan revisi. Sebagai contoh, pertanyaan terhadap perubahan diri dari tahap implementasi dapat diajukan pada diri sendiri dan orang-orang terdekat. Misalnya, apakah suami telah merasakan dampak positif dari jurusan ilmu yang telah saya tempuh? Adakah keluarga merasakan perubahan yang saya usahakan menyenangkan bagi mereka? Karena pada dasarnya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat, tentunya jurusan ilmu yang saya ambil perlu dipertanyakan jika tak ada dampak positif yang terasa bagi diri sendiri dan sekitar.

Adapun proses pengerjaan tiap NHW yang telah saya lakukan merupakan design pembelajaran bagi diri ini. 🙂
Mudah-mudahan Allah ridhoi diri ini menjadi lebih baik dan dapat menebarkan manfaat bagi sekitar. Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin…

Semoga Allah selalu menuntun.
Rahmi Elva Oktaviani
Peserta Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #4 Bandung 3

Sumber :
Rusyani, Endang. “Desain Pembelajaran.” http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195705101985031-ENDANG_RUSYANI/DESAIN_PEMBELAJARAN.pdf (diakses tanggal 14 Juni 2017)

 

Leave a Reply

